Aiptu Supriyanto, Polisi Lampung yang Viral: Kembalikan Uang Rp100 Juta Milik Pemudik

- 17 April 2024, 09:31 WIB
Aiptu Supriyanto, Polisi Lampung saat membalikan tas berisi uang Rp100 Juta milik pemudik
Aiptu Supriyanto, Polisi Lampung saat membalikan tas berisi uang Rp100 Juta milik pemudik /istimewa/Waktu Lampung Online

WAKTU LAMPUNG - Aiptu Supriyanto. Dia adalah seorang anggota Polisi di Lampung. Dia bertugas di Polres Lampung Tengah.

Dua hari belakangan, namanya dimuat di sejumlah media nasional. Dia viral. Itu lantaran aksinya yang patut diacungi dua jempol: Mengembalikan uang Rp100 juta milik pemudik yang tertinggal di Tolet Rest Area KM 116 A Jalan Tol Trans Sumatera, di Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah, Minggu, 14 April 2024 sekira pukul 07.00 WIB.

Pagi itu, Aiptu Supriyanto menjalankan tugasnya, berpatroli dengan berjalan kaki di rest area tersebut. Saat itu pemudik yang hendak balik tengah ramai singgah, beristirahat.

Saat di sekitar toilet umum, dia menemukan tas pemudik yang tertinggal. Tas itu tergantung di tembok toilet umum No 3 Rest Area tersebut.

''Saat sedang patroli, saya temukan tas pemudik yang tertinggal dengan posisi tergantung di tembok toilet umum No 3 Rest Area,'' ujar Aiptu Supriyanto mewakili Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit.

Tas itu dia amankan. Setelah diperiksa bersama security dan OB di pos pelayanan (Posyan) di rest area itu, ternyata isinya uang sekitar Rp100 juta. Tak hanya itu, di dalam tas tersebut juga ada HP, Paspor.

Di situlah kejujurannya terbukti. Setelah memastikan isi tas itu uang yang jumlahnya tak sedikit, dia tak mengambilnya.

Justru dia bergegas ke begegas mengumumkan ada yang tertinggal di toilet menggunakan pengeras suara Masjid di Rest Area itu: Mencari empunya tas tersebut.

Upayanya agar tas itu kembali ke pemiliknya tak sampai di situ, polisi berhati mulia itu juga melakukan panggilan telepon ke nomor yang ada.

Halaman:

Editor: Merli Sentosa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah